Element rubber fender pi atau disebut juga Servo Pi Rubber Fender yang merupakan produksi PT Sinergy Rekayasa merupakan salah satu jenis fender yang efektif menerima energi yang diserap dari kapal saat sandar ke Dermaga.

Ini merupakan Fender untuk Jetty dengan fungsi seperti cell rubber fender dan cone rubber fender yang membutuhkan frontal frame dalam penggunaannya.

Pada Elemen Pi rubber fender ini memiliki 2 bagian rubber fender yang terpisah. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar di bawah ini.

Rubber fender untuk Dermaga telah mengalami perkembangan desain yang bertujuan agar efektif menerima energi dorongan dengan maksimal.

Perlu diketahui tantangan para desainer adalah bagaimana mendesain model fender dermaga yang efektif dan sanggup menerima energi yang timbul bukan hanya dari arus gerak kapal saja.

Arus gerak kapal banyak dipengaruhi oleh kecepatan angin disekitar Dermaga, intensitas ombak, dan kemampuan pelayanan operasional Dermaga.

Kelebihan Pi Rubber Fender Untuk Jetty Besar

Dapat disaksikan dalam gambar ini bagaimana bentuk Pi rubber fender dalam menerima energi dari kapal yang bersandar. Sehingga dapat kami simpulkan kelebihan rubber fender tipe Pi ini adalah sebagai berikut :

  • Rubber element terpisah memudahkan penggantian bila ada kerusakan
  • Bila ada kerusakan sebagian fender. Unit masih bisa berfungsi walaupun tidak maksimal
  • Luas penampang frontal frame dapat disesuaikan untuk meyerap tepian kapal kecil dan kapal besar.
  • Frontal frame flexible terhadap perubahan air pasang dan air surut.
  • Bisa dipasang secara vertikal ataupun horisontal.

Performa Servo Pi rubber fender pada saat menerima tekanan dapat disaksikan pada gambar berikut ini

Bentuk Servo Pi Rubber Fender saat menerima defleksi 20%(Gambar 2)

Cara Pemasangan Angkur

Dalam dunia karet fender Dermaga, bagian yang tak kalah pentingnya adalah angkur/anchor bolt.

Material angkur berbahan dasar Galvanish atau galvanium. Namun bila memiliki anggaran lebih besar dapat digunakan material baja.

Galvanish tahan terhadap korosi oleh air laut selama 5 sampai 10 tahun. Acuannya adalah angkur tersebut dipasang terendam dengan air atau tidak terendam.

Sebagai contoh, rubber fender tipe V yang dipasang secara vertikal ada sebagian badan fender yang terendam air laut. Tujuannya agar dermaga dapat melayani kapal kecil yang akan sandar saat air laut dalam keadaan pasang.

Pasang surut merupakan fluktuasi permukaan air laut yang berubah karena pergerakan benda langit seperti matahari dan bulan. Dengan mengetahui pengertian tersebut, para konsultan pelabuhan diharapkan dapat memperhitungkan dengan matang tinggi permukaan air saat pasang dan tinggi air laut saat surut terjadi.

Berikut ini gambar kondisi pasang surut air laut yang perlu diketahui saat melayani kapal besar maupun kapal kecil.

Kondisi Air laut surut dan saat pasang terhadap karet fender Dermaga (Gambar 3)

Tipe yang direkomendasikan adalah angkur tipe L dan angkur tipe i. Tipe i dipasaran sering disebut dynabolt atau dynaplast.

Pada pemasangan karet fender Dermaga baru, angkur terlebih dahulu dipasang mengikat bersama struktur anyaman besi yang akan dicor dengan semen.

Jarak antar angkur satu dengan angkur lainnya dipergunakan alat bantu mall atau cetakan yanga di-pas-kan dengan karet fender.

Teknik mencetak mall seperti kegiatan mencetak nomor chasis rangka mobil pada lembaran pengesahan.

Unit karet fender pi dipasang lengkap didarat kemudian diturunkan ketepian beton dermaga menggunakan alat bantu beckhoe.

Jarak Pemasangan Fender

Jarak pemasangan fender harus melalui analisa perhitungan yang dilakukan oleh kontraktor. Membuat jarak yang rapat antar fender satu dengan fender yang lainnya adalah baik. Tapi hal itu akan mempengaruhi besarnya anggaran biaya.

Dalam kasus ini akan kami bahas tentang dermaga yang sering dipakai sandar kapal Roro misalnya, panjang kapal roro pada umumnya sekitar 150 meter. Berarti tepian kapal roro tersebut harus dapat di tampung oleh fender.

Kapal roro merupakan jenis kapal yang paling banyak dioperasikan dilaut Indonesia sebagai modal tranportasi paling efektif.

Kapal ini dilengkapi dengan raam door otomatis yang mampu menghubungkan antara kapal dan Dermaga.

Perhatikan juga kondisi sudut kapal saat merapat, dimana pertama kali yang tersentuh fender hanya bagian kecil tepian kapal. Tentang bagaimana sudut kapal saat sedang merapat dapat dilihat pada gambar di bawah ini

Pabrik-Rubber-Fender-Dermaga-08111888728
A. Teknik kapal merapat semua sisi, B. Teknik merapat pada satu tumpua sisi (Gambar 4)

Harga Pi Rubber Fender dan Frontal Frame

Harga pi rubber fender lengkap dengan aksesorisnya berkisar dari Rp. 80.000.000 dengan jumlah pembelian sampai 100 unit.

Agar fender dapat segera berfungsi maka pembeliannya harus 1 set lengkap, sehingga dibutuhkan perencanaan yang matang dalam mengelola perencanaan anggaran pengadaan pi rubber fender.

Harga yang kami tawarankan berlaku selama 14 hari kerja.

Untuk mendapatkan penawaran terbaik silahkan menghubungi whatapps marketing PT Sinergy Rekadaya dinomor 08111888728.

Evaluasi Kondisi Lingkungan Dermaga Terhadap Arus Gerak Kapal Terhadap Rubber Fender

Dengan perhitungan ilmiah yang dilakukan oleh tim teknik sipil konsultan pembangunan Dermaga, pemilik Dermaga dapat mengetahui penggunaan fender yang tepat untuk digunakan.

Akan tetapi bila Anda tidak memiliki konsultan pembangunan Dermaga, cara yang tepat dan aman adalah dengan memilih ukuran pi rubber fender berukuran besar yang menggunakan 2 set rubber fender untuk mendukung frontal frame berpenampang besar.

Agar lebih jelas detailnya dapat dipelajari melalui gambar dibawah ini.

Model-Pi-Rubber-Fender-Ganda
Salah Satu Aplikasi Pi Rubber Ganda (Gambar 6)

Dari gambar tersebut dapat diketahui jumah karet fender yang digunakan. Bila mengacu kepada gambar tersebut penggunaan anggaran biaya akan menjadi semakin besar tetapi Dermaga yang Anda bangun akan terlindungi dengan aman untuk menampung aktivitas di Dermaga.

Faktor yang mempengaruhi perhitungan pemilihan fender dapat kami jelaskan secara singkat sebagai berikut.

  • Kecepatan angin di lingkungan Dermaga
  • Gerak ombak terhadap kapal yang bersandar
  • Lalu lintas pelayanan pelabuhan
  • Struktur tiang beton dan struktur tepian Dermaga

Dengan data tersebut, konsultan pembangunan Dermaga dapat mengetahui perhitungan energi benturan kapal yang ditimbulkan ke Dermaga.

Dari data lalu lintas pelayanan pelabuhan dapat diketahui dimensi kapal, bobot kapal, tingkat kecepatan kapal ketika berlabuh, dan derajat sudut kapal ketika merapat ketepian Dermaga.

Pada akhirnya output perhitungan tersebut dapat dihasilkan tipe fender apa yang sesuai dan berapa besar karet fender untuk Dermaga yang mampu menyerap energi kapal ketika sandar.

Performa Element rubber fender/Pi

Dalam artikel yang di tulis oleh website civil work SRI http://www.civil-works-sri.com/en/marine/upi/ performa test pi rubber fender dapat mencapai angka maksimal 65%.

Akan tetapi rubber fender yang diproduksi oleh produsen di Indonesia memiliki nilai rata-rata 50% yang dianggap sudah sangat bisa mencukupi kebutuhan saya serap energi dari kapal Roro dan kapal tongkang.

Jetty khusus bongkar muat batu bara, jetty PLTU dan jetty pertambangan sangat membutuhkan karet fender yang sangat kuat dan besar, karena kapal yang merapat berjenis kapal tongkang.

Lain halnya dengan dermaga wisata, kapal yang bersandar hanya kapal kayu sebagai modal transportasi penyebrangan jarak dekat saja.

Cara Pesan Pi Rubber Fender Untuk Jetty

  • Kirimkan drawing /klausul proyek pengerjaan yang telah disepakati
  • Tanyakan harga yang mencakup seluruh kelengkapan unit
  • Hubungi telpon 08111888728
  • Info kan jumlah unit yang akan dipesan
  • Tanya berapa berat keseluruhan pesanan Anda
  • Beri petunjuk cargo langganan Anda agar kami cek ongkos kirim

Kami dapat mengirim penawaran melalui email dengan cepat melalui [email protected]