Karet fender Tipe M untuk Dermaga memiliki rancangan bentuk yang unik. Desain karet fender memang telah mengalami perubahan untuk menghasilkan saya serap yang maksimal untuk melindungi struktur beton dermaga.

Jauh sebelum jaman perang Dunia Pertama, material untuk melindungi Dermaga dari benturan kapal saat sandar adalah menggunakan balok kayu hingga pada akhirnya balok karet yang disadap sari pohon karet.

Sampailah pada jaman sekarang dimana desain balok di modifikasi dengan bentuk tertentu dan diberi aksesoris lagi.

Karet fender tipe M ini merupakan pengembangan dari fender tipe V dan A dan sangat berbeda sekali dengan cell rubber fender.

Karet fender tipe M diberikan sentuhan desain lekukan pada bagian yang menerima tekanan. Bagian tersebut berfungsi untuk menentukan peletakan bagian yang mengalami tekukan pasa saat kapal sandar.

Bentuk defleksi karet fender tipe M
Bentuk berubah dengan lekukan yang di desain (Gambar 1)

Ukuran Karet Fender Tipe M

Pada dasarnya karet fender tipe M ini memiliki ukuran Tinggi (H) sama dengan karet fender tipe V, karet fender tipe A dan karet fender tipe ANP.

Begitupula dengan panjangnya yang memiliki kesamaan dengan jenis karet fender dengan bentuk balok memanjang.

Agar lebih jelasnya lagi dapat dilihat pada gambar di bawah ini mengenai drawing tipe ini.

drawing karet fender Tipe M 08111888728
Drawing Karet Fender Tipe M (Gambar 2)

Harga Karet Fender M

Dibawah ini daftar harga karet fender M dalam pembelian diatas 100 unit. Untuk pembelian dibawah 100 unit dapat menghubungi marketing kami.

Harga Karet Rubber Fender Tipe M
Hubungi kami sekarang untuk mendapatkan harga Karet Fender Tipe M (Gambar 3)

Marketing SERVO RUBBER di telpon atau whatsapp 08111888728

Cara Pesan Karet Fender

Untuk mempermudahkan transaksi pembelian, perhatikan cara pemesanan karet fender berikut ini :

  • Kirim gambar desain karet fender tipe M yang telah direkomendasikan oleh konsultan pembangunan proyek.
  • Kelengkapan aksesoris pada saat pemasangan harus diperhatikan.
  • Lama waktu pengerjaan sesuai dengan jumlah yang dipesan
  • Besaran uang muka yang disyaratkan
  • Cara pembayaran faktur pajak
  • Cara penulisan invoice atau tagihan yang diinginkan
  • Panjang bidang dermaga yang akan dipasang karet fender.

Kelebihan Karet Fender Tipe M Dengan Bentuk Lainnya

Kelebihan Karet fender tipe M ini memiliki gerak yang areanya telah ditentukan dengan adanya lekukan pada salah satu bagiannnya.

Sehingga dalam penggunaan nya tidak memerlukan frontal lagi. Bentuk seperti huruf M ini telah dibuat maksimal oleh desain yang telah dibuat oleh para ahli. Dapat dilihat pada gambar 1 dimana lekukan ditunjukan dengan araj panah merah kanan kiri dan ke bawah.

Perencanaan Pembangunan Pelabuhan

Agar rencana pembangunan pelabuhan layak untuk diterapkan maka sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Posisi dermaga terhadap kedalaman tepian laut
  • Gaya berbagai macam benda sekitar pelabuhan, termasuk gerak kapal.
  • Operasional pelayanan bongkar muat barang dan penumpang
  • Ketersediaan peralatan sebagai pendukung operasional pelabuhan.
  • Beban layanan dermaga.
  • Kestabilan daratan di pelabuhan yang akan digunakan untuk pembangunan Dermaga.
  • Material pembangunan yang tepat guna agar pembiayaan pembangunan dapat terlaksana tanpa adanya hambatan biaya.

Perencanaan Pemasangan Fender Dermaga

Pemasangan Karet fender untuk Dermaga baru perlu diperhatikan pemasangan angkur karet fender tipe M, sehingga ketika rubber fender tipe M tersebut diterima, fender sudah bisa langsung dipasang.

Angkur atau anchor bolt diikat dengan struktur rangka besi yang akan di semen dan menjadi beton, dengan demikian kekuatan angkur untuk menahan gesekan kapal yang terjadi menjadi aman.

Sebelum pembahasan lebih lanjut, akan kami terangkan jenis fender.

  • Fender karet
  • Fender spiral dari besi
  • Fender hidraulik

Ketiga jenis fender tersebut memiliki cara pemasangan berbeda. Dalam hal ini yang akan kami bahas hanyalah fender karet saja dikarenakan fender dari karet pemasangannya lebih ringan dan lebih mudah dibandingkan dengan jenis fender spiral dan hydraulic.

Fender karet dipasangkan tepat pada rangka beton penyangga Dermaga. Tujuannya adalah agar dapat melindungi beton dari benturan langsung tepian kapal saat sandar.

Jarak yang ideal antar setiap fender tergantung kepada besar kapal yang sering merapat ke Dermaga tersebut.

Kondisi Gelombang Dalam Pemasangan Fender

Gelombang yang terjadi di laut banyak diakibatkan dari angin. Gelombang dibangkitkan oleh angin karena adanya pengalihan energi dari angin ke permukaan laut akibat fluktuasi tekanan udara pada permukaan laut.

Proses pembangkitan ini terjadi pada suatu daerah yang disebut daerah pembangkitan gelombang.

Tekanan angin akan menimbulkan tegangan di permukaan laut, sehingga permukaan laut yang tadinya datar akan terganggu dan menimbulkan riak kecil.

Jika kecepatan angin bertambah kuat, maka riak tersebut semakin besar dan akhirnya akan terbentuk gelombang.

Semakin lama dan kuat angin berhembus maka semakin besar dan kuat gelombang terbentuk.

Tinggi dan perioda tinggi gelombang tergantung kepada kecepatan angin, lamanya angin berhembus, dan jarak pembangkitan gelombang (fetch).

Jadi semakin jelas, bahwa yang terakhir menentukan energi yang diterima beton dermaga adalah bobot kapal itu sendiri. Semakin besar bogor kapal yang merapat maka semakin besar energi yang berdampak pada struktur bangunan beton Dermaga.

Jual BOLLARD Untuk Dermaga

Dalam perencanaan pembangunan pelabuhan, sertakan juga pembelian BOLLARD sebagai penambahan kapal yang berlabuh.

Jual-Bollard-Dermaga-08111888728

Bollard Kapal yang kami sediakan berbahan besi cor dengan tiga macam ukuran. Kapasitas daya tahan BOLLARD.

Mulai dari 10 ton sampai dengan 200 ton dengan bollard tipe bitter, bollard tipe tee dan bollard tipe harbour.

Bollard merupakan produk yang dipasangkan dengan karet fender Dermaga sebagai kesatuan yang saling berkaitan

Hubungi Telpon 08111888728 atau email [email protected]