Karet Fender Dermaga Tipe V

Fender Tipe V untuk Dermaga. Jangan Salah Pilih, Ini Lho Tips Memilih Karet Fender Tipe V yang Tepat

Hati-hati dalam memilih karet fender tipe v yang tepat untuk dermaga Anda. pastikan untuk memperhatikan 4 faktor ini.

Dalam databox Katadata, Indonesia memiliki 2.439 pelabuhan yang tercatat di tahun 2020. Terjadi kenaikan sekitar 38,6% dari tahun sebelumnya. Dengan banyaknya pelabuhan, tentu dibutuhkan pula peralatan pengamanan agar kapal dapat mendarat dengan baik dan barang yang diangkut atau penumpang selamat. Nah, salah satu pengaman yang sering digunakan adalah Karet Fender Tipe V.

Karet fender digunakan untuk bisa melindungi kapal serta dermaga dari kerusakan yang besar selama proses berlabuhnya kapal. Karet ini khusus dirancang agar dapat menyerap energi yang dipindahkan dari kapal ke bagian dermaga tempat berlabuh. Akibatnya, dok menerima lebih sedikit energi daripada yang seharusnya. Nah, agar dampak dari kapal yang berlabuh itu lebih kecil lagi, Anda harus menggunakan karet fender yang berkualitas tinggi.

Lantas, bagaimana cara memilihnya agar mendapatkan karet berkualitas yang tepat, sehingga bisa meminimalisasikan resiko kerusakan?

1. Perhatikan dimensi kapal yang akan merapat ke karet vender tipe V

Tiap kapal memiliki kebutuhan karet fender yang berbeda. Terlebih, ada banyak jenis karet fender di pasaran, mulai dari karet fender tipe V, karet fender tipe ANP, karet fender tipe cell, dan lain-lain.
Untuk itu, sebelum membeli karet fender, sebaiknya Anda mengetahui dulu jenis kapalnya seperti apa, bobotnya berapa. Sebab, dengan mengetahui informasi tersebut, Anda akan dapat menentukan jenis dan ukuran fender yang tepat. Biasanya, semakin besar ukuran kapal, akan besar pula ukuran fender yang akan digunakan.

2. Tipe pelabuhan berpengaruh terhadap V karet Fender

Tiap pelabuhan biasanya memiliki bentuk yang berbeda antara satu dengan yang lain, meskipun fungsi utamanya sama, yaitu untuk mendarat kapal-kapal yang berlayar. Akan tetapi, perbedaan bentuk, kegunaan, dan ukuran dari sebuah pelabuhan juga menjadi penentu dalam pemilihan karet fender.

Umumnya, pelabuhan memiliki struktur dasar yaitu monopile, dolphin, quay wall, serta jetty. Tiap struktur memiliki fungsi masing-masing. Contoh saja, terminal Jetty yang biasa disebut sebagai terminal terapung, berfungsi untuk mobilisasi para penumpang. Kapal yang mendarat pun hanya kapal-kapal penumpang. Maka, terminal ini pun tidak memerlukan jenis konstruksi yang keras lantaran bisa mengapung. Biasanya, terminal ini bisa menggunakan fender type V.

3. Karet Fender Tipe V dan Keadaan laut

Keadaan laut tidak menentu. Pasang surut bisa terjadi kapan saja. Angin pun menjadi faktor utama yang mempengaruhi keadaan di lautan. Faktor-faktor itu juga perlu dipertimbangkan ketika hendak membeli karet fender tipe V.
Apabila keadaan antara laut pasang dengan laut surut memiliki perbedaan yang cukup besar, fender berbentuk memanjang perlu digunakan. Ini akan berguna jika kapal yang berlabuh memiliki ukuran yang beragam.
Selain itu, sebaiknya Anda memasang fender dalam posisi vertikal untuk menghalau terjadinya tubrukan antara dinding kapal dengan dermaga ketika cuaca tengah berangin.

4. Panduan sewaktu kapal berlabuh juga diperlukan

Panduan atau bimbingan untuk kapal-kapal yang akan berlabuh memakai tugboat juga dibutuhkan. Dengan adanya panduan tersebut, kapal pun terhindar dari kejadian menabrak dinding dermaga. Sehingga penumpang baik yang di dalam kapal atau di sekitar dermaga akan aman.

Itulah empat hal yang perlu Anda perhatikan ketika hendak membeli karet fender tipe V ataupun tipe-tipe lainnya untuk mengamankan kapal-kapal yang berlabuh di area pelabuhan. Sebaiknya perhatikan keempat itu sebelum memilih, ya. Kalau Anda kebingungan menentukan mana yang tepat untuk area pelabuhan yang tengah ditangani, bisa menghubungi kami di telpon 08111888728. Kami akan membantu Anda memilih fender yang tepat sesuai kebutuhan.